Monday, December 21, 2020

Tugas Exception Handling

 Exception Handling


Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang penanganan eror atau biasa disebut exception handling


I. Pengertian

    Pada dasarnya, Exception merupakan subkelas dari kelas java.lang.Throwable.  “Bukalah dokumentasi java untuk lebih menyakinkan anda”. Karena Exception adalah sebuah kelas maka hakikatnya ketika program berjalan dan muncul sebuah bug atau kesalahan maka bug tersebut dapat dianggap sebuah object.  Sehingga ketika object ini di tampilkan di layar maka java akan secara otomatis memanggil method toString yang terdapat dalam object bertipe Exception ini. 

    Java memberikan akses kepada developer untuk mengambil object bug yang terjadi ini dengan mekanisme yang dikenal Exception Handling. Exception handling merupakan fasilitas di java yang memberikan flexibilitas kepada developer untuk menangkap bug atau kesalahan yang terjadi ketika program berjalan.


II. Kelas Try

    Keyword ini biasanya digunakan dalam suatu block program. keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses.


III. Kelas Catch

    Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword ini adalah menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah menangkap kesalahan yang terjadi maka developer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan developer.


IV. Contoh program

    Program yang akan dijalankan adalah exception handling pada saat penghitungan nilai faktorial dimana hanya nilai yang bernilai positif saja yang bisa dijalankan sedangkan nilai yang bernilai negatif akan menemui exception handling

a. Class Eksepsi

b. Class Negative Number Exception

Ouput : 




Sekian Terima kasih

No comments:

Post a Comment

Tugas 9 PWEB

Link Source Code   Muhammad Akmal Joedhiawan 05111940000125 PWEB B   Assalamualaikum Wr. Wb.     Pada kesempatan kali ini saya akan mengimpl...